Selasa, 03 Januari 2012

Mengenal Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Powerpoint

Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan software untuk membuat program di computer berbasis windows. Visual Basic 6.0 memakai bahasa pemrograman BASIC (Beginner All-Purpose Symbolic Instruction Code) yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. Dengan visual Basic 6.0 kita bisa menciptakan suatu program denan beberapa keunggulan, di antaranya adalah mudah mudah digunakan dan mudah dikembangkan akan tetapi tidak mengurangi kualitas dan keindahan desain programnya.
Bagi para sahabat yang ingin memanfaatkan Visual Basic ini tidak harus memiliki software Microsoft Visual Basic 6.0 atau versi lainnya. Karena aplikasi Visual Basic ini sudah ada di Micrsoft Office 2007 maupun Microsoft Office 2010. Salah satunya di Microsoft Office Powerpoint.
Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint ada di dalam menu Developer sebagaimana ditunjukkan gambar di bawah ini :


Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint selama ini banyak digunakan untuk membuat soal evaluasi, di mana nilai siswa akan muncul otomatis ketika selesai mengerjakan soal. Ternyata, masih banyak sekali kedahsyatan Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint yang masih belum tersentuh. Di antaranya dengan VBA kita bisa membuat berbagai simulasi menarik. Simulasi untuk matematika dan fisika di antaranya :

  1. Menghitung luas bangun datar
  2. Menghitung keliling bangun datar
  3. Menghitung jarak, kecepatan, dan waktu pada gerak
  4. Menghitung besarnya massa jenis, massa, maupun volume benda
  5. dan sebagainya.

Menarik bukan..... Jadi tunggu apa lagi, ayo belajar lebih giat mengenai Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint ini. Tunggu posting berikutnya mengenai Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Powerpoint di blog Catatan Sang Pengajar ini.

0 komentar:

Posting Komentar


Top