Senin, 02 Januari 2012

2012 : Tahun Pembelajaran Berbasis Blog Guru

Waktu semakin cepat berlalu. Tak terasa kita telah memasuki tahun baru 2012. Tentu saja ada sejuta harapan terbentang di tahun baru ini. Harapan akan semakin baiknya negeri ini, khususnya bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Jika kita refleksi sejenak perjalanan dunia pendidikan di tahun 2011, maka bisa kita amati bagaimana para guru sudah mulai memanfaatkan internet untuk mendukung pembelajaran. Di antaranya dengan membuat blog guru.
Di tahun baru ini kita berharap jumlah guru yang memanfaatkan internet dengan memiliki dan menggunakan blog guru untuk pembelajaran para siswa mengalami perkembangan yang pesat. Mengingat saat ini internet telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia, baik di pusat maupun di daerah, baik di kota-kota maupun di pedesaan dan telah si akses oleh para siswa.



Mengapa harus blog guru?
Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pemanfaatan internet ini harus dengan blog guru untuk pembelajaran. Kita telah mengetahui bahwa saat ini antusias siswa terhadap internet sangat besar, sehingga momentum ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan menyediakan media pembelajaran bagi para siswa. Blog merupakan media pembelajaran berbasis internet yang sangat mudah kita sediakan bagi para siswa. Mengingat saat ini telah banyak penyedia blog gratis yang bisa kita manfaatkan, di antaranya blogspot, wordpress, multiply, blogdetik, dan sebagainya. Pembuatan blog pun kini terasa semakin mudah. Selain itu saat ini sangat mudah kita temukan berbagai penyedia layanan internet.
Dengan blog guru kita bisa memaksimalkan pembelajaran kita yang terbatas oleh waktu di ruang kelas. Dengan blog guru maka para guru bisa memposting materi pembelajaran yang bisa dipelajari siswa secara mandiri, menampilkan berbagai animasi menarik, menampilkan daftar nilai siswa yang bisa di akses oleh siswa dan orang tua siswa, menampilkan perangkat pembelajarannya, maupun berinteraksi dengan siswa tanpa dibatasi waktu pembelajaran di sekolah.


Untuk mewujudkanya tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu kesadaran semua pihak, baik pemerintah, sekolah, guru, siswa, dan masyarakat.  Di tahun 2012 ini saya ingin mewujudkan resolusi ini dengan berbagai hal yang bisa saya perbuat, di antaranya :

  1. Memaksimalkan pengelolaan blog saya sebagai media pembelajaran bagi siswa
  2. Memaksimalkan blog saya sebagai media berbagi dengan sesama guru mengenai berbagai hal, terutama mengenai optimalisasi blog dan multimedia pembelajaran.
  3. Meningkakan frekuensi berbagi dengan sesama guru melalui pelatihan-pelatihan blog sebagai media pembelajaran
  4. Mengkampanyekan pentingnya blog sebagai media pembelajaran di berbagai jejaring sosial dunia maya maupun forum/media lainnya.

Mengingat begitu besarnya peran blog guru untuk kemajuan pendidikan Indonsia maka mari kita manfaatkan blog guru sebagai media pembelajaran berbasis internet di tahun 2012 ini.

0 komentar:

Posting Komentar


Top